Mainan Mobil mobilan kayu masih bertahan dari serangan mainan import

Mobil mobilan kayu bila mengingat mainan ini sepertinya ingin kembali ke waktu kecil dulu. Di mana saya dibelikan mainan mobil mobilan kayu yang berbentuk truk oleh ke dua orang tua. Main ini cukup terkenal loh pada era silam..

Oh iyah.. teman teman main ini sangat tahan lama.. kalau gak percaya banting aja… 🤣🤣

Saya hampir bertahun tahun mainan ini tidak rusak.. karena hampir semuanya terbuat dari kayu…

Dan sekarang, mainan ini sudah mulai memudar. Tanpa saya sadari. Diganti dengan aneka mainan modern, seperti mobil remote control, robot, Gaget bahkan playtasion.  

Mobil mobilan kayu

Selesai lebaran 1440 H, tepatnya H plus 6. Saya berniat membelikan mainan mobil mobilan kayu untuk anak saya yang baru berusia 3 tahun.

Umur 3 Tahun, sepertinya cukuplah untuk main mobil mobilan dari kayu.

Mobil mobilan kayu yang lesuh

Jreng…jreng… jreng… Motor bututku mulai dipacu untuk menuju TKP. 😊

Aneka mianan replica mobil mobilan kayu terletak di sisi sebelah barat Taman Makam Pahlawan ( TMP ), Jalan raya pasar minggu, Jakarta selatan.

Woooww…. Beberapa kios yang dahulu mejajakan mobil mobilan kayu sepanjang jalan Taman Makam Pahlawan sekarang sudah tinggal 2 kios.

Apakah mainan mobil mobilan kayu sekarang ini masih Ngetren ??  

Motor butut saya berhenti disalah satu kios tersebut. Saya melihat ada beberapa konsumen dan anaknya sedang memilih milih mainan yang akan dibelinya.

Mobil mobilan kayu 2

Miniatur mobil, pikap, bajaj, transjakarta, truk tangka, truk sampah, Kontainer hingga Kereta api terpajang di kios ini. Oh iyah, kursi goyang ( odong odong ) berbentuk seperti kuda di jual disini juga loh..

Jadi teman teman kalau ingin beli silakan mampir kesini..

Tak lama kemudian seorang pria tua yang menghampiri saya 😯😯. Sambil mambawa mobil mobilan kayu untuk dibereskan. Rupanya dia adalah penjual dari aneka mainan mobil mobilan kayu. Namanya adalah pak Sukma.

“ada yang bisa dibantu pak “ Kata pak Sukma

“iyah.. Sebentar saya sedang mencari mobil buat anak “ kata saya.

Beberapa menit kemudian pak Sukma bercerita banyak tentang mainan mobil mobilan truk ini.

Kenangan yang terindah

Yang menarik dari kisah ceritanya pak sukma adalah mainan ini merupakan kenangan yang melekat pada diri anak anak ketika beranjak dewasa dan menjada orang tua. Menurutnya rata rata kebanyakan orang tua yang membeli mobil mobilan truk  untuk anaknya pernah memiliki mainan ini.

Mobil mobilan kayu 3

Termasuk Saya…. *maumewekduluah 😥😥😥

Mainan mobilan kayu yang masih ada sampai saat ini. Menjadi pelengkap akan pesatnya industry teknologi mainan yang merajalela. Apalagi serangan mainan yang di import dari negeri Cina.

Padahal Mainan mobilan kayu ini merupakan salah satu produk dalam negeri yang patut kita kembangkan keberadaannya. Jangan sampai mainan local dan tradional lenyap ketelan masa..

Mobil mobilan kayu 4

Mainan yang terbuat dari kayu ini di jual mulai dengan harga Rp. 50.000 sampai dengan  Rp. 400.000. Harga tergantung dari seberapa detail mainan itu menyerupakan aslinya.  

“Pak Sukma, jual mainan ini apakah laku “ Celutuk saya.

20190609_1612362 5

“kata siapa tidak laku ? sampai jam 4 aja mainan ini sudah laku 10 buah” sahut pak sukma.  

Penggemar dari semua kalangan

Pak sukma mencerikan juga bahwa mainan ini banyak penggemarnya. Ada bapak bapak membelikan mainan ini untuk anaknya karena mengenang masih kecilnya yang dibelikan oleh orang tuannya. Bahkan ada yang bawa mobil mewahnya. Kalau dia yang beli itu bisa lebih dari satu.

Ada juga ibu ibu yang beli mainan kayu. Mereka banyak yang incar jenis lokomatif. Saat ditanya ternyata bukan untuk anaknya tetapi untuk pajangan di rumahnya.. tambah pak sukma.   

20190609_1604442


Jadi jangan takut gak laku…

Asalkan ulet dan sabar insyaallah ada aja pembelinya…. Masyaallah.. 😘😘

Ternyata, Sebelum yang jualan mainan mobil mobilan kayu ini adalah kakak dan bapaknya. Beliau sekarang yang melanjutkannya.

Nah… Jika teman teman ingin memberikan anaknya atau keponakan silakan datang ajah yah..


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *